Metode Menghitung Bunga Pinjaman secara Efisien serta Mudah

1 comment

Bermacam- macam layanan pinjaman muncul buat jadi pemecahan untuk siapa saja yang memerlukan dana fresh dalam waktu kilat. Selaku balas jasa sebab sudah menerima pinjaman dari lembaga yang bersangkutan, Kamu hendak dikenakan bunga. Hingga saat sebelum melaksanakan pinjaman, Kamu butuh ketahui metode menghitung bunga pinjaman.

Layanan pinjaman dapat jadi alternatif buat bermacam kebutuhan hidup. Layanan tersebut teruji sangat menolong perekonomian warga ditambah dengan bermacam kemudahan yang dapat dialami. Apalagi layanan pinjaman jadi pemecahan yang sangat kerap diambil dikala seorang mengalami permasalahan dalam keuangan.

Layanan pinjaman dari lembaga keuangan bisa dimanfaatkan buat bermacam tujuan. Banyak orang melaksanakan pinjaman buat membiayai kebutuhan hidup, semacam bayaran pembelajaran, bayaran renovasi rumah sampai bayaran acara perkawinan. Tidak sedikit pula warga mengajukan pinjaman buat dijadikan modal usaha.

Penafsiran Bunga Pinjaman

Dalam proses mengajukan pinjaman, Kamu tentu hendak berhadapan dengan banyak sebutan. Salah satunya merupakan bunga pinjaman. Kamu butuh ketahui pengertiannya saat sebelum menguasai metode menghitung bunga pinjaman. Alasannya sebutan bunga pinjaman ialah perihal berarti yang berkaitan dengan proses pinjaman.

Bunga pinjaman merupakan balas jasa yang diresmikan oleh lembaga keuangan kepada peminjam ataupun pinjaman dana yang diterimanya. Membayar bunga pinjaman ialah perihal harus untuk penerima pinjaman. Terdapat konsekuensi tertentu apabila peminjam mangkir dari kewajiban tersebut ataupun bermasalah sepanjang pembayaran bunga.

Jenis- jenis Bunga Pinjaman

Tidak hanya wajib ketahui penafsiran dan metode menghitung bunga pinjaman, Kamu pula butuh ketahui jenis- jenisnya. Alasannya dapat saja tiap tipe pinjaman hendak dikenakan tipe bunga yang berbeda. Dari tipe bunga yang berbeda, metode perhitungannya pula tidak sama. Pada kesimpulannya, jumlah total bunga pula dapat berbeda.

Dalam sebutan perbankan, bunga pinjaman diucap pula suku bunga. Ada sebagian tipe suku bunga yang dibedakan bersumber pada metode menghitungnya. Kamu butuh ketahui jenis- jenis bunga pinjaman paling utama dikala mengajukan pinjaman supaya memperoleh cerminan tentu tentang jumlah duit yang wajib Kamu bayar. Inilah jenis- jenis bunga pinjaman.

1. Suku Bunga Tetap

Suku bunga senantiasa ataupun fixed merupakan suku bunga yang bertabiat senantiasa ataupun tidak berganti hingga dengan jatuh tempo sepanjang jangka waktu kredit. Tipe suku bunga ini umumnya diterapkan pada kredit konsumtif semacam kredit kendaraan bermotor. Metode menghitung bunga pinjaman tipe ini merupakan dengan menetapkan semenjak dini masa pinjaman.

2. Suku Bunga Mengambang

Suku bunga mengambang ataupun floating ialah suku bunga yang senantiasa berganti menjajaki suku bunga di pasaran. Apabila suku bunga di pasaran naik, hingga peminjam wajib membayar bunga lebih banyak serta begitu pula kebalikannya. Tipe suku bunga floating biasanya digunakan buat kredit jangka panjang, semacam KPR.

3. Suku Bunga Flat

Suku bunga flat ialah suku bunga yang diresmikan dengan mengacu pada besaran pokok utang di masa pinjaman. Metode menghitung bunga pinjaman tipe ini terkategori lebih gampang serta simpel dibandingkan tipe suku bunga yang lain. Sebab perhitungan yang simpel itu, tipe suku bunga ini umumnya diterapkan pada pinjaman jangka pendek.

Metode Menghitung Bunga Pinjaman

Kala Kamu mengajukan pinjaman di lembaga keuangan, sesungguhnya Kamu tidak butuh menghitung sendiri jumlah bunganya secara totalitas. Umumnya besarnya bunga telah dihitung oleh pihak bank ataupun lembaga sejenis. Kamu hendak menerima catatan angsuran per bulan yang umumnya telah ialah jumlah total cicilan serta bunganya.

Tetapi bila Kamu mau membenarkan jumlah bunga pinjaman, hingga Kamu butuh mengenali metode menghitungnya. Lebih dahulu, Kamu wajib mengenali tipe bunga apa yang diterapkan pada pinjaman ataupun kredit yang Kamu ambil. Berikut ini merupakan metode menghitung bunga pinjaman yang dibedakan bagi jenisnya.

1. Bunga Flat

Metode menghitung bunga flat relatif lebih gampang sebab sistem penghitungan bunga ini merupakan yang sangat simpel. Tipe bunga ini sangat banyak diberlakukan buat pinjaman ringan mulai dari kredit smartphone sampai kredit motor. Bunga flat dihitung dengan rumus( p x l x t)/ jb dengan penjelasan selaku berikut:

p: pokok pinjaman

l: suku bunga

t: jumlah dari jangka waktu kredit

jb: jumlah ataupun total bulan dalam jangka waktu kredit.

Contoh menghitung bunga flat, misalnya Kamu meminjam duit sebesar Rp60 juta sepanjang 12 bulan dengan suku bunga 10% per tahun, hingga bunga pinjaman dihitung semacam berikut:

Pokok pinjaman per bulan= Rp60 juta/ 12= Rp5 juta.

Bunga per tahun= Rp60 juta x 10%= Rp6 juta.

Bunga per bulan= Rp6 juta/ 12= Rp500 ribu.

Jadi, cicilan per bulan yang wajib dibayar tiap bulan merupakan sebesar: Rp5 juta+ Rp500 ribu= Rp5. 500. 000, 00.

2. Bunga Efektif

Suku bunga efisien ialah kebalikan dari suku bunga flat, ialah bunga pinjaman dengan sistem penghitungan bersumber pada sisa pokok hutang ataupun bersumber pada jumlah yang belum dibayarkan. Kesimpulannya hendak diperoleh nilai angsuran yang terus menjadi sedikit tiap bulannya. Bunga efisien dihitung dengan rumus sp x i x( 30/ 360) dengan penjelasan selaku berikut:

sp: saldo pokok utang bulan sebelumnya

i: suku bunga per tahun

30: jumlah hari dalam satu bulan

360: jumlah hari dalam satu tahun

Contoh menghitung bunga efisien, misalnya Kamu mengajukan kredit beberapa Rp60 juta dengan suku bunga per tahun sebesar 10%. Besar bunga pinjaman dihasilkan dengan metode menghitung semacam di dasar ini:

Angsuran bulanan pokok= Rp60 juta/ 12= Rp5 juta.

Bunga bulan ke- 1=( Rp60 juta–( 1- 1) x Rp5 juta) x 10%/ 12= Rp458. 333, 33

Jadi, angsuran bulan awal yang wajib dibayar sebesar:

Rp5 juta+ Rp458. 333, 33= Rp5. 458. 333, 33.

Demikian seterusnya sampai pada bulan ke- 12, metode perhitungannya merupakan:

Bunga bulan ke- 12=( Rp60 juta–( 12- 1) x Rp5 juta) x 10%/ 12= Rp41. 666, 67

Sehingga, angsuran di bulan ke- 12 sebesar:

Rp5 juta+ Rp41. 666, 67= Rp5. 041. 666, 67.

Seperti itu metode menghitung bunga pinjaman bersumber pada tipe bunga yang diterapkan. Dengan mengenali metode tersebut, Kamu dapat memperkirakan tipe pinjaman mana yang sangat cocok dengan kebutuhan.

 

Also Read

Bagikan:

Tags

1 thought on “Metode Menghitung Bunga Pinjaman secara Efisien serta Mudah”

  1. Pingback: Saran Aplikasi Pinjaman 5 Menit Cair yang Aman

Leave a Comment